Key Performance Indicator (Indikator Kinerja Utama) - Bagian I
Seringkali perusahaan meski telah mampu mendefinisikan visi, misi, dan tujuannya berjalan tanpa arah yang jelas, tujuannya kemana jalannya kemana. Akibatnya hasil yang diharapkan dari berjalannya perusahaan tidak tercapai atau perusahaan berjalan biasa-biasa saja. Performa dari sudut manapun tidak menunjukkan hasil yang menggembirakan. Kondisi yang semacam inilah yang mendorong perlunya KPI (key performance indicator), indikator kinerja utama atau juga sering disebut KSI (key success indicator), indikator sukses utama.
Apabila suatu perusahaan telah mendefinisikan apa tujuannya, mengidentifikasi seluruh stakeholdernya dan juga menetapkan misinya maka perusahaan perlu suatu alat atau cara untuk mengukur tingkat pencapaiannya. Ukuran-ukuran tersebut haruslah juga mampu diturunkan menjadi ukuran-ukuran masing-masing departemen yang ada di dalam perusahaan dan pada gilirannya menjadi ukuran-ukuran masing-masing karyawan perusahaan. Dan satu hal yang pasti ukuran tersebut akan berbeda antara satu perusahaan dengan perusahaan yang lain.
0 Comments:
Posting Komentar
<< Home